CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Wednesday, December 10, 2008

hand+phone

HANDPHONE MODE ON !!!

Sebelum anda memulai membaca post ini, coba renungkanlah pertanyaan dibawah ini :

. Apa anda memiliki handphone ?.

Jika jawabanya ya silakan lanjut,

Jika tidak hidup di zaman apa anda? hehee


.Seberapa sering anda memeriksa handphone anda ?.

tiap jam, tiap menit, tiap detik...


. Seberapa panikkah anda jika anda lupa membawa handphone?.

Jika jawabannya ya, dan anda rela kembali untuk mengambil handphone anda.

Jika jawabannya tidak, kemungkinan anda punya handphone lebih dari 1… heehee


Apapun jawaban anda, intinya Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling penting dalam kehidupan kita.


Dalam kehidupan masyarakat yang serba modern, menuntut adanya suatu produk komunikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk berbagi informasi dengan cepat, mudah, terjangkau, tidak terbatas waktu dan tempat, juga dimiliki oleh sebagian besar masyarakat.


Oleh sebab itu, lahirlah telepon genggam yang seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan teleponkabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System For Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA menggunakan (Code Division Multiple Access).

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (mp3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi (smart phone). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer, fitur ini sangat membantu untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

*intro*

The very first Handphone step on earth....

hohooohoooo....^^


Sejarah telepon seluler atau yang kita kenal HP, ternyata sudah ada dari zaman penjajahan, yaitu tahun 1947 di negara paman sam alias Amrik dan Eropa. Pada tahun 1910 adalah asal mula telepon seluler yang ditemukan oleh Lars Magnus Ericsson, yang merupakan pendiri perusahaan Ericsson yang kini di kenal dengan perusahaan Sony Ericsson. Pada awalnya, orang Swedia ini medirikan perusahaan Ericsson memfokuskan terhadap bidang bisnis telegraf.

Pada tahun 1960, di Finlandia sebuah perusahaan bernama Fennis Cable Works yang semula berbisnis dibidang kabel, melakukan ekspensi dengan mendirikan perusahaan elektronik yang bernama Nokia sebagai handset telepon seluler.

Tahun 1970-an perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan di dominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu di Eropa dengan perusahaan Nokia dan Ericsson dan di Amerika dengan perusahaan Motorola

Pada tahun 1969, sistem telekomunikasi seluler dikomersialkan. Setelah tahun 1970, telekomunikasi seluler semakin sering dibicarakan orang. Motorola mengenalkan telepon genggam tiga tahun kemudian. Ukurannya memang cukup besar dengan antena pendek.
Ada pula ponsel dengan ukuran sekoper. Dr Cooper yang menjadi manajer proyek inovasi Motorola itu memasang base station di New York. Untuk proyek ini Motorola bekerja dengan Bell Labs.

Penemuan ini sekaligus diklaim sebagai penemuan ponsel pertama. Di suatu pagi
3 April 1973,Cooper, saat itu menjabat sebagai general manager pada Divisi Communication Systems Motorola mempertunjukkan cara berkomunikasi aneh dari terminal telepon portable. Dia mencoba ponsel ‘raksasanya’ sambil berjalan–jalan di berbagai lokasi di New York. Itulah saat pertama ponsel ditampilkan dan digunakan di depan publik.

*wikipedia.com*


Sekarang handphone menjadi kebutuhan dan gaya hidup hampir seluruh masyarakat modern di dunia. Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang minimal wajib dimilik terutama bagi mahasiswa ilmu komunikasi seperti saya, yang dituntut untuk selalu up-to-date berita. Sekarang telah hadir berbagai merek, bentuk, dan fitur juga harga yang disesuaikan kebutuhan masyarakat, antara lain :

Sony Ericsson . Nokia . Motorola . LG . Samsung . Benq-Siemens . iPhone . blackberry. etc .


^Nokia N81^

^Sony Ericsson Xperia X1^
^Blackberry 8820^

Dengan berbagai yang dimiliki handphone sangat membantu kita dalam berkomunikasi tetapi juga memberi dampak negatif secara tidak langsung, yaitu malas... heheee.... dengan handphone kita pasti akan semakin sedikit berkomunikasi dengan face 2 face karena beranggapan sms, e-mail, atau telepon sudah cukup untuk menyampaikan pesan kita.

So, pilihlah handphone yang sesuai dengan aktifitas berkomunikasi kita dan juga sesuai dengan dompet kita... heeeeheee....
'GBU'

neysa (51407012)

3 comments:

merlyn said...

Waduh kalian pengamat handphone juga ya... kayaknya kalian gak bisa hidup tanpa HP ya hehe8... sampek2 sejarah Hp kalian juga tahu hehe8...

Kasih comment ke blogku juga ya..
merlynzblog.blogspot.com

Thx, Gbu ^^

♫ m2m ♫ said...

hwehehehe...ini sieh anak muda banget!! sekarang semua org ga bisa lepas dari handphone termasuk akuu! hahahaha..tapi memang handphone sekarang udah jadi kebutuhan primer ya tow?! haha..
kasih comment ke blogq yaa..^o^
monamellisa.blogspot.com
hehehehe
thx, Gbu!! =p

Danie Cung Cung said...

pertanyaan2 diatas rada ndak penting juga...

apalagi kalo sudah ada konklusi "HANDPHONE merupakan komunikasi yang penting"
hahahhaa..


hidup di jaman apa anda??
jaman au ah gelap deh..
teknologi banyak sekarang..
mau beli hape aja udah banyak macemnya..

padahal ya hape itu kan benernya cuman buat komunikasi (nelpon & SMS) cuman buat multifungsi juga sih ada kamera, gprs, dll. Lama-lama Bentuke hape kayak laptop laan..